Kamis, 26 Mei 2011

CHIPSET


Chipset
            Chipset merupakan IC ukuran kecil yang pada komputer merupakan layaknya "polisi lalu lintas" pada papan induk (motherboard), mengarahkan aliran data dan menentukan peranti apa yang didukung oleh Personal Komputer (PC).
Sebuah chipset mengarahkan data dari CPU ke Chipset. Sedangkan Chipset dibagi menjadi dua bagian komponen utama yaitu, Northbridge dan Southbridge. Northbridge mengatur Chace memori, Memori Utama, Host Bus dan Slot PCI ekspansi. Sedangkan Soutbridge mengatur ISA Bus, dan menjembatani antara ISA Bus dan PCI Bus, mengatur dan mengontrol I/O port dan slot IDE. Chipset juga menentukan kecepatan dari front-side bus, bus memory dan bus grafis, serta kapasitas dan tipe memori yang di dukung motherboard. Selain itu pula, chipset mengarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O serta menentukan standar IDE juga tipe port yang didukung oleh sistem.
            chipset PC maupun chip set merujuk kepada sekelompok sirkuit terpadu , atau keripik, yang dirancang untuk bekerja sama. Mereka biasanya dipasarkan sebagai satu produk.Dalam komputasi , istilah chipset yang biasa digunakan untuk merujuk kepada sekumpulan chip khusus pada sebuah komputer s ' motherboard atau kartu ekspansi . Pada komputer pribadi chipset pertama untuk IBM PC AT adalah chipset NEAT oleh Chips dan Teknologi untuk Intel 80286 CPU. ” Chipset adalah pengendali utama di motherboard - mereka membiarkan CPU untuk antarmuka dengan berbagai komponen dan kartu ekspansi terpasang ".Berdasarkan Intel Pentium -kelas mikroprosesor , chipset istilah yang sering mengacu pada sepasang tertentu chip pada motherboard yaitu Northbridge dan Southbridge . Northbridge Link CPU untuk sangat-alat kecepatan tinggi, terutama memori utama dan pengendali grafis , dan Southbridge menghubungkan ke perangkat berkecepatan rendah bis (seperti PCI atau ISA ). Pada chipset modern, southbridge sebenarnya mengandung beberapa di-chip peripheral terpadu , seperti Ethernet , USB , dan audio perangkat.Sebuah chipset biasanya dirancang untuk bekerja dengan keluarga tertentu mikroprosesor. Karena kontrol komunikasi antara prosesor dan perangkat eksternal, chipset memainkan peran penting dalam menentukan kinerja sistem.Produsen chipset yang sering independen dari produsen motherboard. Sekarang produsen chipset untuk X86 motherboard meliputi NVIDIA , AMD , VIA Technologies , SiS , Intel dan Broadcom . Apple komputer dan Unix workstation secara tradisional menggunakan chipset yang dirancang khusus. Beberapa server produsen juga mengembangkan chipset kustom untuk produk mereka.Pada 1980-an, Chips dan Teknologi , yang didirikan oleh Gordon Campbell, memelopori pembuatan chipset untuk komputer yang kompatibel dengan PC.  Sistem komputer yang diproduksi sejak itu sering berbagi chipset yang umum digunakan, bahkan di banyak beda komputasi istimewa. Sebagai contoh, 53C9x NCR , sebuah chipset dengan biaya rendah melaksanakan SCSI interface ke perangkat penyimpanan, dapat ditemukan di Unix mesin seperti Magnum MIPS , embedded device, dan komputer pribadi.Di komputer rumah , konsol permainan dan permainan arcade perangkat keras dari tahun 1980 dan 1990, istilah chipset yang digunakan untuk kustom audio dan grafis chip. Contoh termasuk Amiga Commodore 's Original Chip Set atau SEGA 's System 16 chipset.



Sumber                                :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar